"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Sabtu, 26 Mei 2012

Yuk Menulis : Multi Level Marketing Dakwah

Ketika berada di Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS, sangat pekat rasanya iklim dunia persaingan pendidikan. Bahkan di sini menulis Program Kreativitas Mahasiswa ato yang lebih populer disebut dengan PKM sangat diperhatikan baik dalam bidang PKM-GT, PKM-K, PKM-P. Tradisi itu sangatlah baik karena dapat menumbuh kembangkan kreativitas mahasiswa. Tapi kalau kita tengok tentang nulis artikel yang bertemakan islam, sangatlah jarang kita temukan di jurusan ini. Padahal jika ingin pahala berlipat bak multi level marketing, kamu menulis tentang artikel ringan mengenai fiqh, tauhid dll pokoknya islam deh. kamu dapatkan pahala sama besar pahala orang yang diajar dan mengamalkan ilmu yang diajarkan. and pahalanya juga mengalir terus menerus. jadi kamu dapatkan pahala sampai hari kiamat. biarpun kamu sudah meninggal tapi masih bertambah terus pahalamu. kayak pensiunan saja. coba kita lihat dalilnya, check it out:
a. Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihim bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Artinya : ِBarang siapa menunjukkan suatu kebaikan maka ia mendapat pahala sebesar pahala orang yang mengerjakannya. (Hr. Muslim)
b. Dari Jarir Ibnu Abdullah ra, Rosulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ
Artinya : Barang siapa membuat sunnah (kebiasaan) yang baik dalam ajaran Islam maka baginya pahala (sebesar) pahala orang yang melakukan kebaikan tersebut sepeninggalnya, tanpa ada yang dikurangi dari pahala mereka (yang mengerjakannya) sedikitpun. (Hr. Muslim).
Misalnya saja, kamu menyumbang tulisan di blog orang, lalu dibaca dan dilihat orang lain truz mereka tertarik menyumbang juga maka kamu mendapat pahala sebesar pahala dari sumbangan mereka. tapi kamu niatnya yang ikhlas. karena didepan orang banyak, rawan riya’. makanya kamu harus hati-hati. misalnya lagi, kamu shalat sunnat lalu orang lain juga terpancing shalat sunnat, kamu dapat pahala 2 kali hahaha...ato yang enak nikah kamu nikah lalu orang lain juga terpancing nikah dengan sesama muslim karena agamanya, kamu dapat pahala 2 kali banyak dehhh....
c. Rosulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
َ مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا فَلَهُ أَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهِ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الْعَامِل
Artinya : Barang siapa yang mengajarkan ilmu maka baginya pahala (sebesar pahala) orang yang mengerjakan amalan (dari ilmu tersebut) tanpa mengurangi pahala orang yang mengerjakannya. (Hr. Ibnu Majah dan di hasankan oleh Albani)
c. Rosulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
َ مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا فَلَهُ أَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهِ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الْعَامِل
Artinya : Barang siapa yang mengajarkan ilmu maka baginya pahala (sebesar pahala) orang yang mengerjakan amalan (dari ilmu tersebut) tanpa mengurangi pahala orang yang mengerjakannya. (Hr. Ibnu Majah dan di hasankan oleh Albani)
d. Penduduk langit dan bumi mendo’akan para pengajar kebaikan.
Rosulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
ان الله وملا ئكته واهل السموات والارضين حتى النملة فى جحر ها وحتى الحوت
ليصلون على معلم الناس خيرا(رواه الترهذى)
Artinya : Sesungguhnya Allah, para malaikat dan semua penduduk langit dan bumi hingga semut yang ada di dalam lobangnya serta ikan-ikan selalu mendoakan guru-guru yang mengajarkan kebaikan kepada manusia. (Hr. At Tirmidzi dan dianggap shohih oleh Albani)
Yang satu ini amat istimewa. Mau tidak di doakan oleh malaikat, semut dll?. Tentu mau, makanya berdakwah atau mengajari kebaikan kepada orang lain sekarang juga. Nggak susah kan? Umpama kamu mengajar cara wudhu, sholat, puasa buat teman,  mengajar bacaan- bacaan shalat shobat muda kamu, dsb. 
Sungguh banyak imbalan hadiah yang akan kita terima di akhirat kelak jika kita ikhlas Insya Allah, amin... 
Marilah kita hidupkan atmosfir menulis di Jurusan Teknik Material dan Metalurgi :)
Dipersembahkan oleh Gerakan Yuk Menulis from ASH-HABUL KAHFI (Mukhamad Aziz) [].

0 komentar:

Posting Komentar

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls