"Barangsiapa dikehendaki baginya kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan PEMAHAMAN AGAMA kepadanya.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

Sabtu, 23 Juni 2012

Tahukah Anda Jelmaan Setan?



P
ocong, kuntilanak, gendruwo adalah salah satu dari penampakan hantu di sekeliling kita, tapi bukan maksud kami utuk membahasnya. Memang setan dapat menampakkan diri sesuai keinginannya dalam bentuk menakutkan dan tentunya semua atas izin Allah. Tetapi yang akan saya bahas disini adalah makhuk yang kasat mata, yang dapat dilihat oleh mata telanjang tetapi nabi rasullullah alaihiwasalam menyebutnya “setan”. Apakah itu? Penasaran? Simak ini! Check it out
 First, Anjing hitam
DariAbu Dzar, Rasulullah bersabda, “ Jika salah seorang dari kalian berdiri shalat, jika di depannya terdapat benda setinggi sandaran pengendara unta (+- 50 cm), maka itulah pembatasnya. Jika pembatas itu tidak ada, shalatnya akan terpotong oleh keledai, wanitadan anjing hitam yang lewat.“ Perawi berkata, “ Wahai Abu Dzar, apa bedanya anjing hitam dengan yang merah dan kuning?” Abu Dzar berkata, “ Wahai putra saudaraku, aku bertanya kepada Rasulullah seperti pertanyaanmu kepadaku, Beliau menjawab;
“ Anjing hitam adalah setan.” (HR. Muslim dan lainnya)
Kitab Aunul Ma’bud(2/225) menyebutkan, setan kadangkala menjelma menjadi anjing hitam. Selain itu ada yang berpendapat bahwa disebut setan karena anjing yang hitam lebih berbahaya.
Di dalam hadist tersebut yang dimaksud terpottong adalah bukan batal shalatnya tetapi berkurangnya nilai shalat karena gangguan yang dapat mengakibatkan mengganggu kekusukan shalat. (Tuhfatul Ahwaszi 1/371)
Second, ular
Rasulullah bersabda;
“ Sesungguhnya di kota Madinah terdapat jin-jin yang sudah masuk islam. Jika kalian melihat salah satu dari mereka, maka berikanlah ia ijin tiga hari. Jika dia masih terlihat setelah itu, maka bunuhlah karena dia adalah setan.” (HR. Muslim)
Hadist tersebut muncul karena pada suatu ketika seorang suami yang pulang mendapati istrinya ketakutan karena ada ular dirumahnya, suaminya pun bertindak tanggap dengan membunuh ularnya tetapi naas, suaminya juga ikut tewas, hal ini lalu diceritakan kepada rasulullah lantas Beliau bersabda seperti itu.
Dalam hadist lain jika engkau mendapati ular dirumah anda, cukup diberi peringatan tiga kali dengan menyebut asma Allah. Jika ia pergi biarkan tapi jika tidak, maka diperbolehkan untuk membunuhnya. Tetapi jangan sampai membunuhnya kecuali telah memberi peringatan tiga kali dengan menyebut asma Allah.
Third, burung dara
Dari Abu Hurairah, Rasulullah melihat seseorang membututi(bermain-main) burug merpati lalu bersabda,” Setan lelaki sedang membututi setan perempuan.” (HR. Abu Daud)
Burung dara disebut setan karena sering menyibukkan orang dengan aktivitas tak bermanfaat dan melalaikan dari dzikrullah bahakan dibuat judi.( Aunul Ma’bud 10/417)
Fourth, orang yang lewat didepan orang shalat
Rasululloh bersabda;
“ Jika ada yang lewat di depan kalian saat salah seorang dari kalian shalat, cegahlah ia. Jika dia enggan, tetaplah cegah dirinya. Dan jika masih saja bersih keras lewat, lawanlah ia karena ia adalah setan” (HR. Bukhari dan Muslim)
Yang dimaksud setan adalah karena orang itu melakukan perbuatan setan dengan cara lewat didepan orang sholat. Yang perlu ditekankan “ Lawan” dalam hadist tersebut bukan berarti mengajaknya bertengkar tapi dengan cara tasbih atau isyarat tangan (mengajukan tangan ke depan seperti nyetop) . Tak heran dalam mencegah ini terjadi, mungkin karena ketidak tahuan orang, islam telah mengajarkan bahwa shalat hendaknya mendekatkan diri ke sutrah. Sutrah adalah pembatas di depan oarang shalat. Pembatasnya bisa menggunakan tembok, kayu atau tiang. Tapi kalau mahasiswa sih seringnya tasnya ditaruh di depan sebagai sutrah dan agar ga hilang (kan keliatan)
Fifth, wanita pengumbar aurat
Rasululloh bersabda;
“Wanita itu datang dengan rupa setan dan berpaling juga dengan rupa setan. Jika salah seorang dari kalian melihat wanita-lalu timbul hasrat- maka hendaknya ia mendatangi istrinya, sebab hal itu akan menghentikan nafsunya.” (HR. Muslim)
Wanita pengumbar aurat bukan maksud saya mengartikan menjadi jelmaan setan.  Hal ini hanya merupakan perumpamaan ketika wanita sedang mengumbar auratnya pada seorang lelai yang bukan mukhrim, boleh jadi lelaki itu akan mempunyai  hasrat untuk bertindak hal yang negatif, seperti halnya godaan setan.
Adapun seorang wanita keluar dari rumah dengan aurat yang tertutup secara syar’i maka jarang lelaki akan tergoda meskipun masih terdapat ada  kemungkinan kecil lelaki akan tergoda. Dalam hal ini lelaki lah yang harus pandai-pandai mengontrol hawa nafsunya. Memang terasa sulit, tapi kita harus tetap berusaha meskipun terkadang kita jatuh terpelosok.
Maha benar Allah yang telah mengutus rasulullah, dengan mengetahui hadist-hadist diatas, kita sekarang dituntut untuk lebih berhati-hati dalam bertindak, syukur-syukur dapat diceritakan kepada teman dekatnya, karena akan menjadi ladang amal anda pada saat hari dimana harta dan jabatan tidak berguna kecuali hanya amal shaleh. Dan tak lupa, kita meminta perlindungi kepada penguasa langit dan bumi,  Allah SWT. Semoga Allah melindungi Allah dari setan yang terkutuk. (M. Aziz)
Gimana pendapatmu tetang ini, silahkan anada berkomentar di bawah , semoga menjadi amal shaleh

0 komentar:

Posting Komentar

Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala orang yang mengamalkannya, tidak mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun".

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls